Please enable JavaScript!
Bitte aktiviere JavaScript!
S'il vous plaît activer JavaScript!
Por favor,activa el JavaScript!
antiblock.org

Problem mesin pompa air yang tidak kuat menghisap

Mengalami masalah mesin pompa air tidak kuat menghisap, macet, debit menurun air mengecil dan lemah merupakan problem yang paling umum terjadi pada sebuah instalasi unit pompa air. Solusi dan cara penanganannya tentu saja akan berbeda antara masing masing type pompa serta menurut kondisi sumber air yang ada dilapangan dimana unit pompa tersebut terpasang.

Cara mengatasi pompa air tidak bisa menyedot sebaiknya tidak serta merta melakukan tindakan yang salah dengan memutuskan bahwa memang unit mesin tersebut sudah rusak ataupun lainnya. Langkah langkah paling tepat adalah membuat analisa terhadap masing masing hal yang berhubungan dengan instalasi mesin pompa air.

Analisa dan perbaikan pada mesin pompa tidak bisa menyedot air

Memperbaiki-Pompa-Air-Lemah-Tidak-MenghisapBeberapa tahapan berikut ini adalah langkah langkah yang tepat ketika menangani masalah mesin pompa yang tidak mampu untuk menghisap air baik untuk pemasangan unit pompa yang baru ataupun mesin pompa yang sudah beropersai dengan baik sebelumnya. Metode perbaikan pompa air ini adalah dalam skala ringan dan setidaknya masih bisa anda lakukan sendiri tanpa bantuan tukang yang profesional dalam hal ini.

Pemeriksaan kondisi unit mesin pompa air

Tahap pertama adalah memastikan bahwa unit mesin pompa masih normal dalam arti tidak ada tanda tanda dynamo macet atau suara dari dalam mesin yang terdengar bising, berisik atau bahkan getaran yang tidak wajar. Jika perlu baca juga tentang tips memilih pompa air yang bagus awet kuat dan irit listrik.

Kemudian baca spesifikasi mesin pompa dengan benar yaitu untuk memastikan bahwa kemampuan daya hisapnya sudah sesuai dengan kondisi kedalaman sumber air. Jika hal ini menyimpang jauh maka ada kemungkinan masalah tidak kuat menghisapnya adalah spek pompa yang kurang mencukupi.

Masih berhubungan dengan unit mesin yaitu pemeriksaan terhadap seal serta nepel nepel yang berfungsi sebagai penutup air apakah semua sudah tampak rapat tidak ada indikasi bocor atau rembasan.  Jika semua dapat dipastikan baik dan layak untuk operasional maka pemeriksaan berlanjut pada tahap kedua.

Perbaikan dan analisa pada instalasi pipa hisap

Sebelum memutuskan untuk melepas atau membuka pipa hisap maka lebih baik deperiksa apakah ruang impeller masih terdapat air pancingan. Hal ini untuk membaca kondisi rangkaian pipa hisap apakah ada indikasi kebocoran.

Selanjutnya adalah melakukan test terhadap pipa hisap yaitu setelah kondisi terlepas dari unit pompa dengan cara mengocok pipa sampai diharapkan dapat menyemburkan air ke atas dan air harus tampak jernih tanpa ada lumpur atau material lainnya. Jika hal ini bisa berjalan normal maka dipastikan instalasi pipa hisap sudah benar.

Namun tidak menutup kemungkinan penyebab gagalnya sebuah mesin pompa air tidak mampu menghisap dengan baik juga masih banyak faktor penentu lainnya seperti kondisi sumber air yang buruk artinya di dasar terdapat endapan yang menyumbat foot valve ataupun terdapat  kesalahan pemasangan pipa hisapnya, seperti banyak lekukan dan yang paling parah adalah ketika memaksakan pemasangan mesin pompa dengan konstruksi pompa berada pada posisi dibawah jalur pipa hisap sehingga dapat menyebabkan adanya udara yang terjebak didalam ruang pipa.