Please enable JavaScript!
Bitte aktiviere JavaScript!
S'il vous plaît activer JavaScript!
Por favor,activa el JavaScript!
antiblock.org

Penyebab debit pompa air menjadi lemah dan kecil

Apa penyebab debit mesin pompa air berubah menjadi lemah dan air mengalir kecil dipengaruhi oleh banyak faktor yang sangat kompleks. Bahkan kejadian melemahnya debit yang dihasilkan oleh sebuah mesin pompa air memerlukan bebagai analisa yang saling berkaitan secara teknisnya.

Dengan mengetahui apa saja yang menyebabkan sebuah pompa air menjadi sangat lemah maka sudah tentu kita akan dapat melakukan tindakan untuk memperbaiki kinerjanya kembali maksimal. Dalam ulasan kali ini akan kami uraikan beberpa analisa yang biasanya manjadi penyebab pompa air anda kinerjanya meurun atau menjadi melemah.

Analisa mesin pompa air yang mengalami penurunan debit air

Memperbaiki-Pompa-Air-Lemah-Mengalir-KecilBerikut ini adalah langkah atau tahap tahap perbaikan yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah debit pompa air yang menjadi lemah dan berakibat menurunnya aliran air yang dihasilkan.

Pengamatan tahap pertama adalah pada pemahaman spesifikasi pompa menyesuaikan dengan kondisi sumber air dilapangan.

Untuk mengulas lebih detail pada poin ini sebaiknya anda sudah membaca teknis dasar memilih pompa air yang tepat untuk sumur bor karena sangat berhubungan dengan analisa yang akan kita lakukan untk mengetahui saalah satu penyebab terjadinya penurunan debit mesin pompa air.

Langsung pada contohnya, jika kodisi sumur anda adalah memiliki kedalaman level air sedalam 9 meter dan sebelumnya sudah tepasang jenis pompa sumur dangkal, maka ketika pada musim kemarau dan terjadi penurunan level permukaan air lebih dari 9 meter, maka hal ini juga akan berpengaruh pada kemampuan daya hisap mesin pompa.

Berikutnya adalah faktor lain yang meyebabkan kapasitas debit pompa air menurun yaitu masalah pada unit pompanya sendiri termasuk masalah teknisnya.

Pemeriksaan pertama adalah pada kinerja motor penggeraknya atau dynamo. Pastikan dynamo masih beropersai dengan normal tampak dari putaran mesin yang lancar, tidak tersendat bahkan tidak timbul suara bising ataupun berisik.  Jika mendapati tanda tanda tersebut maka sudah jelas ada masalah serius pada mesin pompanya sehingga daya hisap menurun.

Biasanya kejadian poin kedua ini disertai tanda tanda mesin pompa yang sering panas sehingga komponen electrikalnya menjadi melemah (soak). Pemeriksaan juga sebaiknya dilakukan pada ruang impeller untuk memastikan kondisinya masih sempurna tidak ada cacat ataupun ada material, kotoran yang terselip pada kipas impeller.

Dari kedua tahap analaisa di atas adalah yang paling sering terjadi pada pompa air yang tiba tiba saja mengalami penurunan kinerja sehingga aliran air menjadi kecil atau lemah. Jangan lupa simak juga tentang tips sederhana meningkatkan daya hisap pompa air lebih kuat.