Please enable JavaScript!
Bitte aktiviere JavaScript!
S'il vous plaît activer JavaScript!
Por favor,activa el JavaScript!
antiblock.org

Memilih jenis pompa air untuk sumur bor

Memilih jenis atau type mesin pompa air yang sesuai untuk sumur bor memang tidak bisa dilakukan denga sembarangan sebab hal ini juga akan menentukan keberhasilan dari proses instalasi atau  pemasangannya. Banyak dari para pengguna unit pompa air yang kurang perhatian pada poin ini sehingga mereka berakhir pada kerugian baik biaya ataupun tenaga kerja.

Khususnya untuk sumur bor, pemilihan pompa air memang membutuhkan perhitungan serta memahami hal hal yang menjadi acuan pada type pompa apa yang nantinya akan bias terpasang dengan tepat pada sumur bor dan mampu menghasilkan debit air secara optimal.

Tahap merencanakan dan memilih pompa air untuk sumur bor

Pompa-Terbaik-Untuk-Sumur-BorBerikut akan kami ulas tahap demi tahap tentang pemilihan unit pompa air yang paling benar dan sesuai dengan kebutuhan berdasarkan pada kondisi sumur yang ada.

Memastikan spesifikasi lubang sumur bor

Pertama adalah memastikan kondisi sumur bor itu sendiri yaitu mulai dari kedalaman total mulai dari bibir lubang sumur hingga dasar lubang pengeboran. Selanjutnya adalah mengentahui ukuran kedalaman level air mulai dari bibir sumur hingga permukaan air. Ukuran ini nantinya akan menentukan spesifikasi pompa yang tepat dan tidak salah pilih.

Masih berhubungan dengan sumur, yang tak kalah penting adalah memastikan ukuran diameter lubang. Sebaiknya membuat sumur bor dengan ukuran diameter lubang minimal adalah 4 inch sudah termasuk pipa casing yang terpasang. Hal ini juga akan mempengaruhi type pompa yang sesuai, sebab sedalam apapun sumur bor yang anda buat jika diameter kurang dari 4 inch maka jenis pompa yang dapat dipasang terbatas hanya type sumur dangkal dan semi jetpum saja.

Memilih spek mesin pompa air

Tahap kedua ini adalah langkah final jika data mengenai kondisi sumur bor yang tersedia sudah benar benar anda pahami.

Sumur bor dengan kedalaman level air kurang dari 9 meter cukup menggunakan type pompa sumur dangkal kecil yang biasanya juga memiliki daya listrik irit sekitar 125 watt. Pompa ini maksimal mampu menghisap air sedalam 9 meter dan jangan pernah memaksakan untuk menambah kedalamannya karena akan menjadikan debit air tidak optimal atau justru pompa menjadi tidak kuat menghisap air.

Sumur dengan kedalaman kurang dari 11 meter bisa memilih jenis pompa semi jetpump yang memiliki daya hisap maksimum 11 meter menggunakn pipa hisap tunggal diameter 1 inch.

Sumur dengan kedalaman level air lebih dari 11 meter maka sudah memerlukan jenis pompa sumur dalam atau Jetpump. Model pompa ini memiliki daya hisap sampai 30 meter dengan menggunakan injector yaitu ada dua pipa hisap yang masuk kedalam sumur dengan ukuran pipa 1,25 inch dan 1 inch. Untuk itu lubang sumur bor sudah wajib memiliki diameter 4 inch karena jika kurang dari itu maka injector tidak akan dapat masuk kedalam lubang sumur.

Sumur dengan kedalaman lebih dari 30 meter tentunya juga akan berbeda lagi jenis pompa yang sesuai. Untuk poin ini sudah termasuk pompa kategori mahal karena hanya jenis pompa submersible yang paling cocok untuk sumur bor sedalam lebih dari 30 hingga ratusan meter.