Please enable JavaScript!
Bitte aktiviere JavaScript!
S'il vous plaît activer JavaScript!
Por favor,activa el JavaScript!
antiblock.org

Honda Vario 150cc vs Yamaha Nmax Tangguh Mana

Honda Vario150 VS Yamaha Nmax

Sumber Gambar: otomotif.news.viva.co.id

Lebih tangguh mana antara Honda vario 150cc vs Yamaha nmax dalam kecepatan handling serta ketahanan mesin dan performanya? Mari kita simak ulasan berikut ini dari hasil test ridenya.

Pabrikan yamaha memiliki senjata utama di segmen motor matic yakni yamaha nmax yang telah dirilis pada tanggal 22 juni 2015 kemarin dengan banderol harga yang relatif terjangkau dimana buat tipe yang non abs harga yamaha nmax yakni hanya Rp 23,5 jutaan saja.

Dan jika dipikir-pikir harga tersebut berdekatan dengan harga honda vario 150 esp yang merupakan jagoannya honda di pasar matic. Yakni ada diangka 20,2 jutaan untuk on the road jakarta. Jika disandingkan kedua matic ini ternyata hanya terpaut 3 jutaan saja, dan rasanya pantaslah untuk di adu antara kedua motor matic ini dari sisi keunggulannya masing-masing.

Scooter matic Honda vario 150 eSP datang dengan desain yang lebih rupawan dan agresif dibandingkan dengan model vario sebelumnya. Selain itu bobotnya juga ringan yakni hanya 109 kg sehingga lebih mudah dalam pengendalian.

Sedangkan Yamaha Nmax Non ABS punya bobot yang lebih berat mencapai 127 kg sehingga agak lebih keras dalam pengendalian. Namun Nmax punya kelebihan sendiri yakni desainnya yang mewah bak scooter premium sekelas varian Max series yang sudah mendunia.

Kemudian dari sisi dapur pacu, Yamana Nmax juga lebih unggul dibandingkan dengan Vario 150 yakni punya kapasitas mesin 155cc, sedang matic honda hanya pas di angka 150cc. Dan untuk urusan power dan torsi jelas menang Nmax, dimana Nmax punya power maksimal 14,8 dk dengan torsi puncak 14,4 Nm. Sedangkan vario 150 eSP hanya punya power max 12,4 dk dan torsi 12,8 Nm.

Namun meski begitu honda vario 150 eSP punya keunggulan tersendiri yakni memiliki perangkat canggih ISS atau Idling Stop System yang bisa mematikan mesin secara otomatis saat motor diam dalam waktu 3 detik. Fitur ini juga didapuk sebagai senjata utama untuk mengefisiensikan pemakaian bahan bakar supaya jadi lebih irit dan hemat.

Tak sampai itu saja, Honda juga telah membekali scooter nya ini dengan fitur canggih lain. Contohnya Answer Back System, perangkat canggih yang bisa menemukan posisi motor di keramaian, agak mirip seperti yang biasanya ada di mobil. kemudian juga ada Combi Brake System ( CBS) buat keoptimalan pengereman dengan cara mengkombinasikan rem depan dan belakang.

Dan tak ketinggalan ada juga fitur ACG starter yang bisa membuat mesin mengeluarkan suara yang halus saat dinyalakan. Dalam video yang diunggah AHM sendiri di ilustrasikan bahwa kucing pun asyik tertidur diatas mesin meski mesin sedang dinyalakan.

Kalau untuk Yamaha Nmax cuma juga keunggulan tersendiri yang tidak dipunyai honda vario 150 esp. Yakni teknologi mesin dengan Variable Valve Actuation (VVA) yang canggih yang kalau kalian belum tahu, teknologi ini dulunya hanya ada di mesin mobil.

Honda Vario 150 eSP dan Yamaha Nmax non ABS sudah menggunakan penerangan depan dengan lampu lED. Lalu perangkat masa kini yang rasanya wajib ada di motor matic seperti ban tubeless serta bagasi yang luas juga sudah dimiliki oleh kedua motor matic ini.

Yamaha Nmax non ABS dan Honda Vario 150 eSP masing-masing punya keunggulannya sendiri-sendiri. Kalau ditanya bagusan yang mana, jawabannya sih itu tergantung selera saja.

Namun melihat keunggulan masing-masing, rasanya kalau membutuhkan matic untuk kebutuhan harian seperti mengantar anak kesekolah, ke kantor rasanya honda vario 150 eSP lebih cocok karena desain fitur dan yang penting bobotnya itu ringan sehingga mudah dipakai.

Tapi bukan berarti yamaha nmax tak cocok untuk harian ya, scooter yamaha tersebut bagus juga untuk harian tapi akan lebih cocok lagi jika dipakai untuk kegiatan lain seperti touring mengingat bodynya itu besar nan mewah khas varian max series.

Mantap bukan? apa justru bingung mau pilih yang mana, sesuaikan saja dengan karakter kamu karena hanya kamu yang bisa menentukan mana yang paling tepat dan lebih nyaman.