Please enable JavaScript!
Bitte aktiviere JavaScript!
S'il vous plaît activer JavaScript!
Por favor,activa el JavaScript!
antiblock.org

Aki kering motor sering rusak

Aki Kering juga di sebut MF battery (Maintenance Free Battery) dan juga terkenal dengan istilah Valve Regulated Lead Acid Battery (VRLA) mulai diperkenalkan pada konsumen Honda di Indonesia pada saat AHM mengeluarkan type KARISMA dan KIRANA, kenapa dipilih aki jenis MF Battery, selain karena anti tumpah battery ini banyak kelebihannya dibandingkan battery konvensional.

Kelebihan Aki kering MF tahan lama dan cranking performance-nya tinggi karena menggunakan separator khusus dan grid yang tahan korosi, kemurniannya tinggi sehingga tahanan dalam battery rendah yang menghasilkan performance tinggi dan self discharge yang lebih rendah.

Sekedar tips apabila membeli Aki kering perhatikan kode angka pada bagian kanan atas battery, kode ini adalah kode charge misalnya 15.9.8 artinya tanggal 15 bulan 9 tahun 2008. Apabila anda membeli yang kode chargenya lebih dari 4 bulan dari tanggal anda membeli atau tegangan batterynya kurang dari 12,4 V lakukan charging terlebih dahulu sebelum dipasang.

Untuk membuat aki berumur panjang, apapun mereknya tetap harus didukung perawatan dan pengisian (charge) yang baik. Baik aki basah atau Aki kering alias Maintenance Free (MF) yang sekarang banyak dipakai di motor keluaran baru.

Paling penting lagi, kalau sekali starter tidak mau hidup, jangan coba ditekan terus-menerus saklar starternya. Dilepas dulu sampai sekitar 5 detik, baru kemudian tekan lagi. Memberikan jeda 5 detik agar supaya aki stabil dulu. Bila sudah hidup, lebih baik segera dipakai jalan, bukan didiamkan di tempat. Di kurun waktu itu setrum yang telah dipakai akan kembali terisi.

Khusus Aki kering atau MF, baiknya discharge pakai alat khusus. Sebab sistem pengisian aki kering sangat kecil dan stabil, yaitu sebesar 0,5 ampere. Untuk membuat setrum aki kembali penuh, butuh waktu 5 sampai 8 jam tergantung besarnya aki.